Teknik Silhouette

12 Jan

Istilah silhouette berasal dari  nama seorang Menteri keuangan Perancis yaitu Etienne de Silhouette,yang pernah mengalami krisis finansial parah di masa Perang 7 tahun yang pernah melanda Perancis.

sil-book1

Beliau sangat menikmati seni membuat photo dengan cara menggunting .Lama kelamaan orang menyebut seni tersebut dengan istilah Silhouette.

Di Perancis seni ini berkembang dan bahkan menjadi lahan mencari pendapatan dengan cara menggambar tampak samping seseorang dengan cara menggunting kertas hitam.Hampir mirip fotografi deh.

450px-cutting_girl_1c_1

Bener-bener butuh kesabaran tinggi lho. coba aja kalo ngga sabaran wajah obyek jadi amburadul kan.

ras_sjohnross

Ini namanya John ross salah seorang seniman tradisional Perancis yang masih menekuni seni siluet ini.

Kini seni siluet banyak dipakai di semua aliran seni rupa. Cara bikinnya sih gampang-gampang susah.Meski aneh tapi ternyata mengasyikan juga lho bikin gambar siluet ini.Coba aja tengok karya karya siluet di bawah ini.silhouette-art-1

Illustrasi buku anak-anak tradisional (European classic Book illustration)

15_2

Kid’s fairy tales illustration

bike1

photographic artorange_again_by_kuriee

Vector art

1467_

Abstract painting

africasilhouettepaintingl-sunrisesilhouettetigersilhouette

Masih ada banyak contoh lagi dan tentu saja kamu juga bisa bikin karya siluet yang baru dan belum pernah dibikin oleh orang lain. Nah, selamat berkarya anak-anak.

Satu Tanggapan to “Teknik Silhouette”

  1. Erna Desember 10, 2009 pada 8:49 am #

    terimakasih atas infonya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: